BAB 5
A.
1. E
2. B
3. B
4. B
5. A
6. B
7. A
8. E
9. E
10. A
B.
1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.
1) Terdapat banyak pembeli dan penjual, namun mereka tidak mampu memengaruhi harga. Harga di pasar ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.
2) Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberi pengaruh.
3) Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar.
4) Setiap pihak mengetahui keadaan pasar dengan mudah. Pembeli mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakan oleh perusahaan. Demikian pula penjual mengetahui tingkat permintaan konsumen.
5) Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan. Tidak ada kekuatan luar yang bisa memengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli, termasuk dalam hal ini pemerintah.
2. a. Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut.
1) Hanya ada satu orang penjual.
2) Terdapat banyak pembeli.
3) Produk tidak mempunyai barang substitusi yang dekat.
4) Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar, antara lain penetapan harga serendah mungkin, kepemilikan hak paten, dan adanya skala ekonomi yang sangat besar.
b. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut.
1) Terdapat banyak pembeli di pasar.
2) Hanya ada beberapa penjual.
3) Produk yang dijual bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
4) Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru.
5) Adanya saling ketergantungan. Kebijakan harga dan kuantitas produksi satu produsen akan berpengaruh terhadap kebijakan harga dan kuantitas produsen lain.
6) Penggunaan iklan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku dan perubahan selera konsumen.
c. Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.
1) Terdapat banyak produsen, namun jumlah ini tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna.
2) Jenis barang yang dipasarkan cenderung sama, tetapi tetap bisa dibedakan dari kemasan, cara pembayaran, dan layanan purnajual yang diberikan.
3) Adanya kemampuan produsen untuk memengaruhi harga. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan.
4) Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar dengan syarat mampu menciptakan produk dengan jenis berbeda dari produk yang sudah ada.
5) Promosi penjualan harus aktif.
3. Jika musim panen datang, pemerintah sebaiknya menetapkan harga eceran terendah agar kelebihan penawaran yang terjadi dapat diatasi dengan pembelian langsung kepada petani. Tujuannya adalah untuk mencapai tingkat harga yang tidak merugikan petani.
4. Pada saat paceklik, pemerintah sebaiknya menetapkan harga eceran tertinggi agar kelebihan permintaan yang terjadi dapat diatasi dengan usaha-usaha peningkatan produksi. Tujuannya adalah untuk mencapai tingkat harga yang tidak merugikan konsumen.
5. Perbedaan pasar monopoli dengan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.
Struktur Pasar
|
Jumlah Penjual
|
Untuk Masuk Keluar Pasar
|
Kemampuan Penjual Menentukan Harga
|
Produk yang Dihasilkan
|
Monopoli
|
Satu
|
Sangat sulit
|
Mudah
|
Unik
|
Persaingan Monopolistik
|
Beberapa
|
Agak Mudah
|
Sulit
|
Terdiferensiasi
|
6. Kurva MR pada pasar monopoli turun dari kiri atas ke kanan bawah karena pada saat produsen ingin menjual lebih banyak, maka dia harus menurunkan harga agar lebih banyak yang terjual.
7. Perbedaan pasar monopoli dengan pasar oligopoli adalah sebagai berikut.
Struktur Pasar
|
Jumlah Penjual
|
Untuk Masuk Keluar Pasar
|
Kemampuan Penjual Menentukan Harga
|
Produk yang Dihasilkan
|
Monopoli
|
Satu
|
Sangat sulit
|
Mudah
|
Unik
|
Oligopoli
|
Sedikit
|
Sulit
|
Agak Mudah
|
Terdiferensiasi
|
8. Dampak negatif monopoli terhadap kesejahteraan konsumen adalah konsumen harus membayar harga di atas biaya untuk memproduksi barang tersebut yang mengakibatkan berkurangnya kesejahteraan mereka.
9. Peran pemerintah dalam pasar monopoli adalah sebagai berikut.
1) Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri.
2) Pemberian izin kepada perusahaan baru.
3) Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor.
4) Menetapkan Harga Eceran Tertinggi.
11. Monopoli bisa terjadi karena perusahaan memiliki skala ekonomis yang sangat besar, sumber daya yang unik yang sulit dimiliki perusahaan lain, dan kepemilikan hak paten melalui Peraturan Pemerintah.
EmoticonEmoticon