BAB 4
A.
1. A
2. B
3. C
4. A
5. C
6. E
7. E
8. A
9. D
10. E
B.
1. Substansi yang harus dimasukkan ke dalam pengertian permintaan antara lain keinginan, kemampuan, jumlah barang dan jasa, dan harga.
2. Harga barang komplementer turut memengaruhi permintaan pasar karena jika harga barang komplementer naik (turun), maka permintaan terhadap suatu barang menurun (meningkat). Akibatnya, permintaan pasar akan turun (naik). Selain itu, harga barang substitusi juga ikut memengaruhi permintaan pasar. Jika harga barang substitusi naik (turun), maka permintaan terhadap suatu barang meningkat (menurun). Akibatnya, permintaan pasar akan naik (turun).
3. Kurva penawaran naik dari kiri bawah ke kanan atas karena ketika harga suatu barang naik, kuantitas yang ditawarkan akan naik. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka kuantitas yang ditawarkan akan turun.
4. Kurva penawaran bergeser ke kanan berarti terjadi kenaikan penawaran.
5. Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah sebagai berikut.
1) Harga barang itu sendiri
2) Harga barang dan jasa lain yang terkait
3) Harga bahan baku
4) Tingkat teknologi
5) Jumlah produsen
6) Ekspektasi produsen
6. Kemajuan teknologi dapat menggeser kurva penawaran ke kanan karena dapat mengubah kombinasi input serta jenis input yang diperlukan dalam proses produksi. Peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang dibutuhkan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output. Sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan.
7. Kita perlu mengetahui elastisitas harga agar dapat melihat seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
8. Permintaan barang-barang kebutuhan pokok cenderung bersifat inelastis karena konsumen tidak akan menghentikan pembelian walaupun harganya naik.
9. Arti koefisien elastisitas penawaran 0,8 adalah jika harga berubah sebesar 1%, maka penawaran berubah sebesar 0,8%.
10. Harga keseimbangan terbentuk pada saat kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Terbentuknya harga keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara konsumen dan produsen.
EmoticonEmoticon